Rabu, 07 Oktober 2020

Workshop Media Pembelajaran Berbasis Video dan Sosialisasi Pemanfaatan Rumah Belajar (Kegiatan 1)

Belajar Dimana saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja, Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesiaku, Kegiatan 1 adalah Tatap Muka di SMP Negeri 54 Batam

Berawal dari kelulusan menjadi Sahabat Rumah Belajar sehingga terciptalah satu kegiatan yang sudah lama diinginkan oleh Ibu Kepala Sekolah tempatku mengajar. Setiap tahun di SMP Negeri 54 Batam ada kegiatan yang menambah ilmu pengetahuan bagi guru dan kegiatan itu sering disebut dengan  in house training. 

Kepala Sekolahku Ibu Devi Rovina menyampaikan bahwa sosialisasi perdana yang harus kulakukan yaitu disekolah ditempatku mengajar, dan hal itu membuatku antusias sebab itu artinya beliau sangat senang jika guru-gurunya maju dan berkembang. 

Saat beliau sampaikan kepadaku bahwa sosialisasi akan diadakan selama 2 hari yaitu tanggal 6 - 7 Oktober 2020, maka beliau juga mengundang Bapak Pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Batam yaitu Bapak Razali, S.S, S.Pd. Tidak hanya Pengawas, Duta Rumah Belajar tahun 2018 yaitu Bapak Sumadi, S.Pd juga diundang dalam kegiatan ini untuk menjadi narasumber. Beberapa orang diundang dari sekolah lain untuk mengikuti kegiatan workshop yaitu SMP Negeri 40 dan SMP Negeri 26 Batam.

Hal ini membuatku bertambah semangat untuk melakukan kegiatan sosialisasi di sekolahku yaitu SMP Negeri 54 Batam, maka kubuatkan flyernya untuk dicetakkan oleh bendahara. 

Flyer Kegiatan Worshop

Disamping kegiatan sosialisasi rumah belajar, kegiatan seperti ini juga sudah menjadi kebutuhan bagi setiap guru. 

Pemanfaatan Rumah belajar salah satunya kelas maya sebagai pendukung guru melakukan pembelajaran jarak jauh dengan berbagai menu yaitu modul, soal ujian, siswa dan penilaian, maka guru akan dengan sangat mudah mengkondisikan siswa di kelas digital. 



Saat kegiatan berlangsung, guru-guru diarahkan untuk membuat kelas digital yang sebelumnya sekolah sebagai penyelenggara harus didaftarkan terlebih dahulu sehingga guru-guru bisa mendaftar akun sebagai guru di sekolah penyelenggara tersebut. 

Dengan bersama-sama Sahabat Rumah Belajar memandu pembuatan kelas digital, sehingga guru diarahkan untuk mengetahui kelebihan dari kelas maya yang akan digunakan oleh guru dimasa pandemi.

Guru-guru yang hadir berkata bahwa rumah belajar menarik dan menyenangkan untuk memperlengkapapi guru dan siswa dalam pembelajaran. 

Dengan mengimplementeasikan kelas maya maka siswa dan guru yang mendapatkan bantuan kuota dari pemerintah akan dengan maksimal digunakan serta siswa juga lebih fokus belajarnya. 


Kegiatan Workshop dan sekaligus sosialisasi dihadiri 25 perserta terdiri dari 1 orang pengawas dari dinas pendidikan Kota Batam, 1 orang kepala sekolah, 2 orang tata usaha, 2 orang guru dari SMP Negeri 26 Batam, dan 2 orang guru dari SMP Negeri 40 Batam serta 17 orang guru dari SMP Negeri 54 Batam. Untuk kegiatan ini semua  memberikan kontribusi dalam mengisi daftar hadir dan manfaat dari kegiatan workshop dan sosialisasi dengan link berikut  https://bit.ly/3nroF0g
kegiatan tersebut juga didokumentasikan pada link https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1284425015223483&id=100009679891903
dan untuk kegiatan tersebut juga diupload di youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=PtnjZZHL1ZY&t=7s
Diakhir kegiatan tersebut guru-guru diberikan penugasan yaitu membuat video pembelajaran yang singkat dengan teknik menggunakan greenscren.Setiap guru akan mampu mengedit video tersebut sehingga bisa membuat konten yang kan diupload ke fitur sumber belajar yang ada di portal rumah belajar. 

Terimakasih buat kegiatan selama 2 hari ini dimana sesama guru dapat saling berbagi. Bukan hanya berbagi secara materi melainkan berbagi ilmu juga harus bisa diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Siapapun orangnya pasti ada hal yang baru akan kita dapatkan dari diri seseorang tersebut. Untuk itu jangan pernah bosan untuk belajar dan belajar. belajar bukan karena kebutuhan saja melainkan selalu belajar. 

khususnya belajar di portal rumah belajar, belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.
merdeka belajarnya, rumah belajar portalnya, maju Indonesiaku.



Sosialisasi Di SMP Negeri 54 Batam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Dari Lagu Maena (Nias)

Seorang anak yang membentuk rumah tangga biasanya akan menjalani sebuah rangkaian upacara, yang disebut perkawinan. Perkawinan merupakan sal...