Jumat, 16 Oktober 2020

WEBINAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Belajar Dimana saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja, Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesiaku, Kegiatan ke 3 yaitu Guru Agama Se Kepulauan Riau

Masa pandemi untuk melakukan sosialisasi Rumah Belajar bukan hal yang mudah untuk kukerjakan. Aku melihat teman-temanku yang sudah sangat antusias melakukan sosialisasi baik secara tatap muka maupun tatap maya. Dan aku mulai berpikir untuk melakukannya, dimana prinsipku bahwa "Kalau mereka saja bisa masa sih aku tidak bisa". Aku mulai melihat Site Plan yang sudah kupersentasekan saat choaching, sosialisasi kedua yang akan kulakukan yaitu bersama rekan guru MGMP PAK Tingkat SMP Kota Batam menjadi penggeraknya untuk dilakukan Se-Kepulauan Riau. 

Jika nantinya aku akan menggunakan tatap maya, aku memikirkan bahwa aku tidak memiliki fasilitas atau sarana untuk melakukan kegiatan tatap maya. Supaya kegiatan sosialisasi Rumah Belajar bisa terlaksana maka aku harus membuat pendekatan yang bisa mendukungku.

Kuingat bahwa ada seorang ibu pengawas dari Kementrian Agama yaitu Ibu Minta Minaria, S.Pd, yang belum berapa lama menjabat sebagai pengawas PAK tingkat SMP Kota Batam. Beliau  memiliki semangat untuk melakukan perubahan  bagi guru-guru PAK tingkat SMP Kota Batam, karena beliau berlatar belakang seorang guru sebelum menjadi pengawas. bukan hanya kepada pengawas, kucoba komunikasikan kepada bapak Ketua MGMP PAK Tingkat SMP yaitu Om Samuel, S.Pd.K. Maka kucoba berkomunikasi dengan beliau, karena juga kebetulan aku dipercayakan sebagai sekretarisnya. 

Hal itupun kusampaikan dan diskusi bersama, akan kuupayakan untuk mewujudkan satu kegiatan berbagi tentang PembaTIK https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/login untuk bapak ibu guru khususnya guru-guru Pendidikan Agama Kristen yang ada di Kota Batam atau Kepulauan Riau jika mendukung fasilitasnya. Tanpa berat hati bapak ketua MGMP PAK SMP dan Ibu Pengawas Kementerian Agama Kota Batam menyetujui kegiatan tersebut. 

Setelah Ibu pengawas menemukan wadah yang bisa memfasilitasi kegiatan sosialisasi Rumah Belajar melalui aplikasi zoom, dengan sangat senang hati dan bersyukur karena pada akhirnya kami harus menentukan waktu yang tepat. Beberapa pertimbangan membuat kami mengambil keputusan yaitu hari sabtu, tanggal 10 Oktober 2020. Dan ibu pengawas juga menyampaikan bahwa penggeraknya Guru PAK SMP tetapi akan dipublikasikan untuk Se-Kepri. Kegiatan ini diluar dari dugaanku, dimana beberapa pejabat tinggi akan hadir yaitu : 
1. Bapak Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau yaitu Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I sebagai Keynote Speaker. 
2. Ibu Pembimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau yaitu Ibu Indriastuti Ratna M. sebagai Speaker 
3. Ibu Penyelenggara Pendidikan Kristen Kementerian Agama Kota Batam yaitu Ibu Esther Sri Liasna, S.Si 
4. Ibu Pengawas Pendidikan Agama Kristen Kota Batam yaitu Ibu Minta Minaria, S.Pd

Sekalipun aku masih di usia belia dibandingkan para pejabat-pejabat tersebut, namun aku bangga untuk selalu mensosialisasikan Portal Rumah Belajar kepada seluruh guru-guru Pendidikan Agama Kristen yang ada di Kepulauan Riau. 



Saat acara berlangsung guru-guru sangat antusias untuk ikut kegiatan tersebut karena diadakan secara tatap maya. Seperti slogan dari Portal Rumah Belajar "Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja", bahwa belajar tidak mengenal tempat, waktu bahkan siapa pengajarnya. Hal ini terimplementasi bagi kami guru-guru PAK Provinsi Kepulauan Riau pada era adaptasi baru, kami bisa melakukan banyak hal sambil juga belajar dan meskipun pengajarnya yang masih muda tetapi selagi ilmu itu bisa menambah pengetahuan bagi sesama maka tidak menutup kemungkinan untuk selalu berbagi dan berkarya dengan Portal Rumah Belajar. Adapun guru-guru PAK yang mengikuti kegiatan tersebut kurang lebih 130 peserta dari seluruh Kepulauan Riau.

Saat acara berlangsung pihak yang memfasilitasi sudah memberikan rundown acara terlebih dahulu, dengan waktu yang diberikan hanya 20 menit. Sehingga dengan waktu yang singkat aku mensosialisasikan tentang PembaTIK dengan tujuan setiap guru-guru Pendidikan Agama Kristen mengikuti kegiatan lomba dan pelatihan yang diadakan oleh Kemdikbud PUSDATIN pada website https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/login. Sekalipun waktu yang diberikan sedikit saya berusaha membuat Tutorial singkat dengan apk seadanya secara live streaming pada link https://www.youtube.com/watch?v=_8Yfw6VWogg

Adapun kegiatan webinar ini bisa disaksikan secara live streaming pada link https://www.youtube.com/watch?v=uuHy2eaXj-Q. untuk dokumentasi yang lebih lengkap ada di facebook dengan link https://www.facebook.com/photo?fbid=1291820084483976&set=pcb.1291820781150573 

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan jaringan internet yang mendukung hanya kekurangan waktu untuk menunjukkan teknisnya. Setidaknya dalam kegiatan webinar ini aku bisa berbagi buat rekan-rekan guru se Provinsi Kepulauan Riau khususnya guru-guru agama. Dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam sosialisasi tersebut Kementerian Agama sangat mendukung guru-guru Pendidikan Agama Kristen mengikuti lomba PembaTIK.



SILAHKAN KUNJUNGI PORTAL RUMAH BELAJAR http://rumahbelajar.kemdikbud.go.id/ , GURU AGAMA SE-KEPRI AKAN AKTIF DI AKUN https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/login IF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Dari Lagu Maena (Nias)

Seorang anak yang membentuk rumah tangga biasanya akan menjalani sebuah rangkaian upacara, yang disebut perkawinan. Perkawinan merupakan sal...