Selasa, 29 September 2020

RUMAH BELAJAR MENGINSPIRASI GURU

MERDEKA BELAJAR, RUMAH BELAJAR PORTALNYA, MAJU INDONESIAKU

Tidak ada satu orangpun dimuka bumi ini yang senang dengan virus yang mewabah di negeri ini.Adapun wabah yaitu covid 19 yang menyebarluas ke penjuru negeri ini. Dari pertengahan bulan Maret sampai saat ini masih mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah. 


Dampaknya ada yang positif dan negatif, tetapi setidaknya banyak dampak perubahan yang positif dapat dirasakan terkhusus di dunia pendidikan. Tenaga Pendidik atau guru harus mengalami perubahan cara belajar yaitu dari tatap muka menjadi tatap maya. Guru yang muda maupun yang tua harus mengalami metamorfosis, dimana selama ini sudah ada dizona yang nyaman, dan suka tidak suka harus memunculkan inovasi dan kreatifitas. 

Kreatifitas dan inovasi bukan hal yang mudah untuk ditingkatkan, harus ada usaha dan kemauan serta jangan pernah mudah puas dengan ilmu yang telah didapat. Pada masa pandemic adalah saat yang baik untuk mengikuti pelatihan secara online, sebab sudah banyak lembaga menawarkan pelatihan secara gratis melalui media sosial. Dan tak kalah penting dengan Rumah Belajar. Setiap guru dan siswa sangat penting diarahkan untuk menggunakan Rumah Belajar Pusdatin Kemdikbud RI. Rumah Belajar sangat mendukung setiap guru untuk maju dalam pendidikan, dari aplikasi juga tidak berat di HP. 


Rumah Belajar, Belajar untuk semua  menyediakan banyak manfaat bagi guru dan siswa. Bahkan dengan adanya kuota belajar Rumah Belajar adalah solusi bagi guru, orangtua dan siswa. banyak fitur-fitur yang disediakan oleh rumah belajar berguna bagi siswa dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK bahkan guru baik PNS maupun Non PNS. Guru bukan hanya sebagai pemakai di Rumah Belajar atau hanya menggunakan fitur-fitur tersebut, melainkan bisa menjadi pengedar atau pemberi konten bagi guru yang lain juga. 
Adapun fitur-fitur dari rumah belajar yang sudah dilengkapi yaitu :
I. Fitur Utama 
1. Sumber Belajar 
    Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi dan permainan.
2. Kelas Maya 
  Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan dimana saja.
3. Bank Soal 
    Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.
4. Laboratorium Maya 
    Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

II. Fitur Pendukung 
1. Peta Budaya 
2. Buku Sekolah Elektronik 
3. Wahana Jelajah Angkasa
4. Karya Bahasa dan Sastra 
5. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan 
dan ada Fitur yang lebih seru yaitu Edugame 


Dengan belajar melalui Rumah Belajar Pusdatin Kemdikbud, belajarnya akan lebih asyik dan menarik, serta lebih efisien. Anak-anak menyenangkan dan, karakter juga lebih ditekankan karena sudah ada batasan dalam mengakses segala hal yang tidak diinginkan. 

Guru dan siswa sama-sama menyenangkan dan diperlengkapi melalui Rumah Belajar Kemendikbud. Mari....bapak ibu guru dan anak-anak menggunakan Aplikasi Rumah Belajar. Karena  Slogannya Rumah Belajar "Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja." 

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesiaku. 








MARI KUNJUNGI PORTAL RUMAH BELAJAR DENGAN LINK belajar.kemdikbud.go.id SLOGAN BELAJAR DIMANA SAJA, KAPAN SAJA DENGAN SIAPA SAJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Dari Lagu Maena (Nias)

Seorang anak yang membentuk rumah tangga biasanya akan menjalani sebuah rangkaian upacara, yang disebut perkawinan. Perkawinan merupakan sal...